Review Hotel Mahkota Plengkung
Pelayanan adalah aspek yang paling diperhatikan dalam industri perhotelan, baik oleh
penyedia layanan maupun konsumen. Pelayan yang ramah dan fasilitas yang memadai
akan membuat konsumen tidak ragu untuk datang lagi dan menginap di hotel
tersebut. Hal yang sama terjadi ketika saya berkunjung ke Banyuwangi dan
menginap di Hotel Mahkota Plengkung.
sumber:pribadi |
Hotel
yang dibangun pada tahun 2010 ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti
adanya area parkiran yang luas, kolam renang luar ruangan, restoran dan WiFi
yang bisa diakses gratis. Setiap kamar juga terdapat televisi dan AC. Bangunan ditata
rapi dengan desain Jawa yang dicampur dengan arsitektur modern sehingga
beberapa sudut terkesan seperti di pedesaan sedangkan bagian lain terlihat
sangat modern. Meski pun berada di dekat jalan raya, suasana pekarangan hotel
dua lantai ini cukup tenang.
sumber: pribadi |
sumber: pribadi |
sumber: pribadi |
sumber:pribadi |
Pelayanan
dari hotel ini sudah cukup bagus. Pada saat menginap, saya beberapa kali
menelpon front office dan meminjam
beberapa barang. Pertama, saya menelpon untuk meminjam setrika karena harus
menyetrikan jilbab saya yang kusut. Suara ramah dari operator front office langsung menyapa dan
memberikan pilihan antara saya yang mengambilnya di lantai satu atau diantarkan oleh office boy mereka. Saya pilih untuk diantarkan dengan alasan tidak
tahu di mana front office, meski
begitu sang operator tetap menjelaskan di mana letak tempat tersebut untuk
berjaga-jaga jika sesuatu terjadi dan harus pergi ke sana.
Hanya
butuh sekitar lima menit untuk menunggu office
boy mengetuk pintu kamar dan memberikan barang yang saya inginkan. Office boy tersebut menanyakan untuk apa
saya meminjam setrika dan menawarkan bantuan untuk menyetrika. Karena tidak ada
alas untuk menyetrika, office boy dengan name tag Hendra itu berniat untuk kembali dan mengambil
alasnya. Namun, saya menolak karena barang yang saya setrika hanya
satu dan itu terlalu merepotkan jika harus menyuruh pekerja itu untuk kembali
lagi membawa alasnya. Akhirnya dia menyarankan untuk menggunakan handuk sebagai
alas. Saya cukup senang karena pelayan tersebut terkesan baik dan
memerhatikan tamunya.
Selang
beberapa jam, saya kembali menelpon untuk menanyakan password WiFi kamar. Operator langsung menunjukkan bagaimana
caranya agar dapat login di jaringan LAN tersebut dan mengeja user name dan passwordnya perhuruf serta memastikan saya mengetik hal tersebut
dengan benar. Dia juga menjelaskan sedikit tentang fasilitas WiFi di hotel
tersebut, seperti setiap kamar yang menggunakan jaringan LAN dan ruangan lobby yang dapat mengakses WiFi secara
gratis.
Saat
makan malam, saya kembali menghubungi front
office karena memerlukan sendok dan garpu. Hotel memang tidak menyediakan
makan malam, jadi saya memilih untuk memesan makanan dari luar. Operator front office pun menyarankan saya untuk menghubungi bagian restoran
dengan nomor yang sudah tertera di catatan dekat telpon. Setelah menelpon
bagian restoran dan menunggu sekitar tujuh menit, akhirnya sendok dan garpu
yang saya nantikan datang. Saat memberikan alat makan tersebut, tidak lupa sang
office girl yang membawanya
mengucapkan selamat makan dan semoga dapat menikmati makanan tersebut.
Pelayanan
selanjutnya yang membuat saya terkesan akan keramahan pelayannya adalah ketika
sarapan. Makanan disajikan secara prasmanan terdiri dari nasi dan lauk,
kwetiau, sop, dan roti. Minuman yang disediakan antara lain adalah air mineral,
kopi, jus jeruk dan semangka. Tidak lupa dengan makanan ringan, seperti jajanan
pasar risol dan kue kukus serta potongan buah semangka. Saya sedikit terlambat
menuju ruang makan dan kehabisan jus jeruk. Saya pun menanyakan apakah saya
bisa mendapat jus jeruk dan mereka meminta saya menunggu di meja karena mereka
akan mengantarnya. Saat itu saya ragu karena yang sarapan cukup banyak dan dia
belum tentu bisa mengingat saya. Namun ternyata dugaan saya salah, pelayan
tersebut ingat dan mengantarkan segelas jus jeruk untuk saya serta mengucapkan
maaf karena menunggu terlalu lama.
Semua fasilitas pelayanan tersebut membuat saya terkesan. Pelayanan yang baik membuat saya menginap dengan nyaman di sana. Jika kembali berkunjung ke Banyuwangi, saya akan mempertimbangkan untuk menginap di hotel ini. Dari skala 1-5 saya akan memberikan angka 4,5 untuk hotel ini.
Jika ingin berkunjung, hotel
ini beralamat di Jl. Yos Sudarso
No. 218, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki 40 kamar dengan dua tipe
kamar, yaitu standard room dan VIP room. Fasilitas kamar seperti tersedianya air
hangat dan dingin di kamar mandi serta adanya kulkas menjadi pembeda dari dua
tipe kamar tersebut. Harga untuk standard
room adalah Rp200.414,00 sedangkan VIP
room dapat dipesan dengan harga Rp312.645,00. Jika memesan kamar, pengunjung
dapat chek in pada pukul 12.00—23.00
dan chek out pada pukul 12.00.
Sebagai nilai tambah, hotel ini berada di lokasi yang cukup strategis karena
dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Kawah Ijen dan Taman Nasional
Baluran. Tempat ini juga dekat dengan Pelabuhan Ketapang dengan sepuluh menit
perjalanan menggunakan kendaraan.
Tidak ada komentar