Review Hotel Mahkota Plengkung


Pelayanan adalah aspek yang paling diperhatikan dalam industri perhotelan, baik oleh penyedia layanan maupun konsumen. Pelayan yang ramah dan fasilitas yang memadai akan membuat konsumen tidak ragu untuk datang lagi dan menginap di hotel tersebut. Hal yang sama terjadi ketika saya berkunjung ke Banyuwangi dan menginap di Hotel Mahkota Plengkung.

sumber:pribadi

Hotel yang dibangun pada tahun 2010 ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya area parkiran yang luas, kolam renang luar ruangan, restoran dan WiFi yang bisa diakses gratis. Setiap kamar juga terdapat televisi dan AC. Bangunan ditata rapi dengan desain Jawa yang dicampur dengan arsitektur modern sehingga beberapa sudut terkesan seperti di pedesaan sedangkan bagian lain terlihat sangat modern. Meski pun berada di dekat jalan raya, suasana pekarangan hotel dua lantai ini cukup tenang.
      
sumber: pribadi
sumber: pribadi
sumber: pribadi
      
sumber:pribadi

Pelayanan dari hotel ini sudah cukup bagus. Pada saat menginap, saya beberapa kali menelpon front office dan meminjam beberapa barang. Pertama, saya menelpon untuk meminjam setrika karena harus menyetrikan jilbab saya yang kusut. Suara ramah dari operator front office langsung menyapa dan memberikan pilihan antara saya yang mengambilnya di lantai satu atau diantarkan oleh office boy mereka. Saya pilih untuk diantarkan dengan alasan tidak tahu di mana front office, meski begitu sang operator tetap menjelaskan di mana letak tempat tersebut untuk berjaga-jaga jika sesuatu terjadi dan harus pergi ke sana.
Hanya butuh sekitar lima menit untuk menunggu office boy mengetuk pintu kamar dan memberikan barang yang saya inginkan. Office boy tersebut menanyakan untuk apa saya meminjam setrika dan menawarkan bantuan untuk menyetrika. Karena tidak ada alas untuk menyetrika, office boy dengan name tag  Hendra itu berniat untuk kembali dan mengambil alasnya. Namun, saya menolak karena barang yang saya setrika hanya satu dan itu terlalu merepotkan jika harus menyuruh pekerja itu untuk kembali lagi membawa alasnya. Akhirnya dia menyarankan untuk menggunakan handuk sebagai alas. Saya cukup senang karena pelayan tersebut terkesan baik dan memerhatikan tamunya.
Selang beberapa jam, saya kembali menelpon untuk menanyakan password WiFi kamar. Operator langsung menunjukkan bagaimana caranya agar dapat login di jaringan LAN tersebut dan mengeja user name dan passwordnya perhuruf serta memastikan saya mengetik hal tersebut dengan benar. Dia juga menjelaskan sedikit tentang fasilitas WiFi di hotel tersebut, seperti setiap kamar yang menggunakan jaringan LAN dan ruangan lobby yang dapat mengakses WiFi secara gratis.
Saat makan malam, saya kembali menghubungi front office karena memerlukan sendok dan garpu. Hotel memang tidak menyediakan makan malam, jadi saya memilih untuk memesan makanan dari luar. Operator front office pun menyarankan saya untuk menghubungi bagian restoran dengan nomor yang sudah tertera di catatan dekat telpon. Setelah menelpon bagian restoran dan menunggu sekitar tujuh menit, akhirnya sendok dan garpu yang saya nantikan datang. Saat memberikan alat makan tersebut, tidak lupa sang office girl yang membawanya mengucapkan selamat makan dan semoga dapat menikmati makanan tersebut.
Pelayanan selanjutnya yang membuat saya terkesan akan keramahan pelayannya adalah ketika sarapan. Makanan disajikan secara prasmanan terdiri dari nasi dan lauk, kwetiau, sop, dan roti. Minuman yang disediakan antara lain adalah air mineral, kopi, jus jeruk dan semangka. Tidak lupa dengan makanan ringan, seperti jajanan pasar risol dan kue kukus serta potongan buah semangka. Saya sedikit terlambat menuju ruang makan dan kehabisan jus jeruk. Saya pun menanyakan apakah saya bisa mendapat jus jeruk dan mereka meminta saya menunggu di meja karena mereka akan mengantarnya. Saat itu saya ragu karena yang sarapan cukup banyak dan dia belum tentu bisa mengingat saya. Namun ternyata dugaan saya salah, pelayan tersebut ingat dan mengantarkan segelas jus jeruk untuk saya serta mengucapkan maaf karena menunggu terlalu lama.


Semua fasilitas pelayanan tersebut membuat saya terkesan. Pelayanan yang baik membuat saya menginap dengan nyaman di sana. Jika kembali berkunjung ke Banyuwangi, saya akan mempertimbangkan untuk menginap di hotel ini. Dari skala 1-5 saya akan memberikan angka 4,5 untuk hotel ini.
Jika ingin berkunjung, hotel ini beralamat di Jl. Yos Sudarso No. 218, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki 40 kamar dengan dua tipe kamar, yaitu standard room dan VIP room.  Fasilitas kamar seperti tersedianya air hangat dan dingin di kamar mandi serta adanya kulkas menjadi pembeda dari dua tipe kamar tersebut. Harga untuk standard room adalah Rp200.414,00 sedangkan VIP room dapat dipesan dengan harga Rp312.645,00. Jika memesan kamar, pengunjung dapat chek in pada pukul 12.00—23.00 dan chek out pada pukul 12.00. Sebagai nilai tambah, hotel ini berada di lokasi yang cukup strategis karena dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Tempat ini juga dekat dengan Pelabuhan Ketapang dengan sepuluh menit perjalanan menggunakan kendaraan.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.