Review cerita: The Time Traveller

The Time Traveller merupakan kumpulan cerita pendek fanfiction Kpop. Ketika membaca bab pertama dalam cerita ini, The Time Traveller, pembaca akan diarahkan pada perjalanan waktu dari Komisaris Polisi Kim Joon Myeon. Alur yang dibuat cukup menarik dengan ending yang memiliki pesan moral. Petualangan waktu dari Komisaris Polisi Kim Joon Myeon cukup memberi kesan yang bagus untuk awalan sehingga pembaca tertarik untuk berlanjut pada bab selanjutnya. Pada bab Mr. Cuckoo, alur cerita dibumbui dengan adegan triller yang menegangkan. Bercerita tentang dendam dari kepala sekolah SMA Wanita Likey yang akhirnya melakukan pembunuhan pada anggota tim baseball sekolah. Pada bab kedua ini, penulis dengan apik memberi alur yang tidak terduga pada pembacanya. Selanjutnya adalah cerita berjudul The Savior dengan Hwang Min Hyun sebagai tokoh utamanya. Pada awalnya sedikit membingungkan dengan perjalanan waktu yang dilalui oleh Hwan Min Hyun yang mendadak mendapat mimpi aneh setelah kembali hidup dari kematiannya. Akhir pada cerita sedikit aneh dengan Hwan Min Hyun yang ternyata merupakan reinkarnasi dari Kepala Polisi Kang. Inti cerita pada bagian ini cukup bagus dengan selipan pesan moral untuk selalu menolong dan berbuat baik, meski pun masih sedikit bingung dengan alur cerita awal hingga pertengahan. Bab keempat merupakan yang terbaru ketika saya membaca dan mereview kumpulan cerita ini, judulnya adalah Cruel Lover. Adegan triller dan pembunuhan kembali muncul dan alur utama cerita. Pembunuhan terjadi untuk mendapatkan harta. Ji Soo yang sudah meninggal karena dibunuh oleh Hanbin dapat melihat kehidupan orang lain setelah kematiannya. Dia melihat bagaimana Dong Hyuk menikahi Chae Young dan menghianati dirinya. Dia juga melihat calon suaminya itu membunuh Hanbin yang merupakan saudara Chae Young. Dia melihat si licik Chae Young yang datang ke pemakamannya setelah membunuh Dong Hyuk dan mendapatkan semua hartanya. Pada bagian ini, alur cerita cukup mudah ditebak. Secara keseluruhan, kumpulan cerita The Time Traveller yang mengusung benang merah perjalanan waktu dari tiap tokoh utamanya ini cukup menarik. Alur cerita sangat memikat dan membuat penasaran hingga pembaca menjadi candu.

Sayangnya pemilihan bahasa yang diambil oleh si penulis sedikit monoton. Membaca kumpulan cerita ini seperti membaca laporan kronologi yang diselipi dengan dialog. Tidak ada emosi di dalamnya. Pembaca diberitahu tentang apa yang ada di dalam cerita, namun tidak menarik emosi pembaca sepenuhnya untuk masuk ke dalam cerita. Narasi yang terlalu banyak juga sedikit membosankan, terlebih hanya menjelaskan gambaran kasar dari kejadian. Narasi yang disajikan tidak membuat pembaca ikut merasa emosional pada si pembunuh atau ikut merasakan bagaimana bingungnya si tokoh dengan mimpi anehnya. Cerita disajikan seolah semua tokoh menerima kejadian ‘perjalanan waktu’ yang mereka alami tanpa mempertanyakan apa pun sehingga cerita tidak terasa begitu nyata. Kegelisahan si tokoh pun hanya dijelaskan lewat kalimat singkat sehingga emosi yang digali tidak cukup dalam. Selain itu, penulisan kata ganti tokoh yang kurang variatif seperti ‘wanita itu’, ‘gadis itu’, dan ‘pemuda itu’. Hal ini terkadang sedikit membingungkan sekaligus membosankan. Penulis tidak memanfaatkan tokoh idol yang digunakan dengan menggali deskripsi bentuk tokoh dengan baik seperti bagaimana tampannya Kim Joon Myeon dan Hwan Min Hyun.

Kepiawaian penulis dalam membuat alur yang sulit ditebak dapat diacungi jempol. Setiap bab cerita membuat pembaca penasaran dengan alurnya. Namun, penulisan dengan narasi yang panjang membuat emosi pembaca kurang tergali dan terasa datar. Sebagai saran, penulis bisa lebih mengeksplorasi emosi dari pembaca agar cerita semakin seru.

***


Cerita The Time Traveller ini dan banyak cerita menarik lainnya dapat dibaca di https://cabaca.id 
Review ini dibuat untuk Lomba Review Fan Fiction Cabaca dan saya menginginkan album EXO—Don’t Mess Up My Tempo dengan alasan saya adalah seorang EXO-L sejak Ko Ko Bop era dan belum pernah memiliki album EXO satu pun. Saya ingin mendapatkan album tersebut dan menjadikannya barang EXO pertama saya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.